Membuat SNEEK di Nintendo Wii

Entahlah apa tujuan dari nand emulation itu sebenarnya? Itulah yang ada di benak saya ketika membacanya sekilas di sebuah forum luar. Sebelum menyadari ada sebuah game yaitu The Adventure of Tintin yang tidak bisa saya mainkan di Nintendo Wii milik saya, bahkan setelah ios dan ciosnya di update. Lebih tepatnya adalah freeze di point tertentu dalam progges gameplaynya. Kenapa? Dari infonya memang game ini merupakan salah satu game yang di proteksi. Hingga kita harus memainkannya melalui sebuah Disk.


Baca Juga:

Dengar-dengar memang harusnya bisa di mainkan dengan update ios dan cios terbaru. Namun syaratnya adalah region system, mesin, dan gamenya harus sama. Dan sayangnya region mesin saya yang tidak sama, systemnya region USA tapi mesinnya region Japan. Burning Disk? Saya tidak yakin drive di Nintendo Wii saya masih bisa di gunakan. Jadi satu-satunya solusi yang bisa saya coba adalah Nand Emulation ini. Yang ternyata sekarang mudah untuk di lakukan. Kita bisa membuatnya lewat Modmii.


Memang terbukti saya bisa memainkan game The Adventure of Tintin dari Nand Emulation, atau biasanya di sebut SNEEK. Setelah itu saya jadi menyadari ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan di SNEEK. Yaitu mencoba tema di Wii Channel. Hal yang sepele, tapi bisa membuat tampilan di menunya lebih segar. Di mana kita bisa melakukannya tanpa takut akan yang namanya brick. Kemudian tentu kita bisa menginstal banyak game kecil/ Wiiware ke SNEEK tanpa takut kehabisan memory. Bahkan kita bisa mensetting menaruh save data dari game yang kita mainkan ke SNEEK. Praktis akan sangat menghemat ruang dari internal memory Wii kita.


Hal yang paling keren menurut saya adalah, kita bisa masuk mode nand dan memainkan game di dalamnya dengan USB bagian atas/ USB0. Sejauh ini semua game dapat saya mainkan dalam mode nand emulation ini. Dari Fatal Frame 2 hingga Driver Sand Fransisco semua di libas tanpa kendala. Lancar dari gameplay hingga cut-scenenya. Mayanlah bisa memanfaatkan USB0 yang biasanya nganggur.


Bahan-bahan

  • Flashdisk format fat32
  • SD Card format fat32
  • Modmii


Cara Membuat SNEEK

(PC)

  1. Nyalakan koneksi internet. Buka modmii classic, dan seperti biasa ketik "I Agree" untuk membukanya. saya contohkan ke yang classic karena lebih mudah di gunakan.
  2. Ketik "S" untuk membuat SNEEK.
  3. Lalu "3".
  4. Pilih host yang online. Terserah pilih yang mana.
  5. Kemudian pilih "UD" untuk menginstal SNEEK di Flashdisk. Saya pernah memilih menginstal SNEEK di SD Card, namun gagal.
  6. Di sini pencet enter. Untuk menaruh filenya ke SD Card.
  7. Pencet enter lagi. Untuk menaruh filenya ke USB. Maksudnya flashdisk/ pun hdd External yang berformat fat32
  8. Lalu pilih region dari Nand Emulasi kita. Karena saya sudah pernah buat yang USA, maka kali ini saya akan membuat yang "E" = Euro <PAL>.
  9. Pilih System versinya. 
  10. Nah untuk selanjutnya saya skip karena bersifat optional, di mana kita bisa memencet "y" untuk menginstalnya, atau "n" untuk tidak menginstalnya di SNEEK. 
  11. Lalu maju ke serial number yang ingin kita isikan ke SNEEK. Seperti yang tertulis, isikan serial numbernya sesuai dengan mesin kita jika ingin akses internet SNEEKnya jalan.
  12. Memilih tema. Saran saya pasangkan tema yang berbeda dengan real nand kita. Biar membedakan antara SNEEK dan real nand.
  13. Kalian bisa memilih menginstal channel bawaan atau tidak. Atau hanya menginstal yang kita inginkan.
  14. Kemudian pencet "Y" untuk melakukan prosesnya. Tinggal tunggu prosesnya sampai selesai. Karena Modmii akan mendownload file-file yang di butuhkan.
  15. Kemudian masuk ke "C:/ Modmii/ " pindahkan file yang berada di dalam "COPY_TO_SD" ke SD Card kita. Dan file yang berada di dalam "COPY_TO_USB" ke Flashdisk kita.
(WII)
  1. Tancapkan SD Card dan Flashdisk ke Nintendo Wii
  2. Masuk Homebrew Channel
  3. Buka YAWMM dan instal Neek2o
  4. Keluar ke Wii Menu kemudian masuk ke channel Neek2o untuk ke mode Nand Emulation.
  5. Tunggu prosesnya hingga masuk ke Nand Emulation yang kita buat. Hanya beberapa detik saja kok tidak lama.
  6. Saat masuk SNEEK pertama kali, kita perlu mensetting ulang Wii kita selayaknya baru membelinya. Termasuk mempairkan kembali Wiimote milik kita ke mesin Nintendo Wiinya.
  7. Cara untuk memainkan game di SNEEK, buka NEEK2o untuk masuk nand emulationnya. Nah di mode nand emulation ini tekan angka satu di Wiimote untuk memunculkan list dari game yang ada di flashdisk kita. Pilih deh dan tunggu game terload dari Disc Channel kita. Tinggal buka Disc Channel untuk memainkannya.
Kalian bisa menggunakan lebih dari satu nand emulation jika mau. Tapi layaknya real nand yang telah di softmod, di SNEEK juga ada pengaturan layaknya di priiloader. Di mana kita bisa mengaktifkan free region game jika ingin memainkan game yang regionnya berbeda dari nand emulasi yang kita buat. Caranya dengan pencet "2" di Wiimote, kemudian geser menunya dengan menekan tombil "+". 

0 Response to " Membuat SNEEK di Nintendo Wii "

Post a Comment